Wednesday, December 16, 2015

Resep MPASI AJ

Assalamualaikum ,
berikut resep MPASI AJ,nmengadaptasi dan mengadopsi dari buku "234+ Resep MPASI Untuk Tumbuh Kembang Otak Anak" oleh Ika Prasetya Amd., Gz dan Yohanes Kristianto, GradDipFoodSci, MFT.

1. Saat pertama kali AJ belajar makan adalah saat umurnya tepat 6 bulan, sesuai dengan anjuran dokter dan ahli gizi. Salah satu tanda jika bayi sudah siap dengan MPASI nya adalah saat dia sudah bisa menegakkan kepala. Sebenarnya AJ sudah bisa menegakkan kepala sejak umur 4 bulan, tapi saya tetap ikuti anjuran dokter dengan memberikan MPASI di umur 6 bulan karena takut ada gangguan pada pencernaan AJ. Mengabaikan saran dari beberapa orang untuk memberi MPASI lebih dini dengan alasan,"Keadaan tiap bayi berbeda, saya ikut yg berpengalaman dan AHLI DI BIDANGNYA". In short, MPASI PERTAMA AJ adalah BUBUR BERAS PUTIH SARING. Nasi hangat dicampur air matang, diblender, kemudian disaring. Hari pertama dia hanya mau 4 suap, selanjutnya dia doyan.

2.
SARI KACANG HIJAU
Sesuai saran ibu saya, air putih untuk AJ saat makan diganti dengan air rebusan kacang hijau supaya nutrisi AJ terpenuhi dengan lebih baik.

3.
JERUK MANIS PERAS
Ini juga sesuai saran ibu saya, jeruk manis lokal saya peras. AJ kurang suka, tapi tetap mau.

4.
BUBUR KALDU DAGING SAPI
Nasi hangat diblender bersama kaldu daging sapi, AJ suka. 

5.
PURE PAPAYA
Pepaya Thailand manis diblender bersama air matang, AJ habiskan untuk makan siang.

6.
BUBUR BERAS MERAH KEMBANG KOL
Beras merah yg ditanak seperti nasi pada umumnya, diblender bersama kembang kol dan air rebusannya (saya tambahkan sawi saat merebus dan blender). *modifikasi

7.
PURE APEL
Saya nitip suami apel manalagi yg manis, diblender dengan air matang.

No comments:

Post a Comment